--> Skip to main content

Belanda Pastikan Tiket 16 Besar


Satu gol yang dicetak playmaker Wesley Sneijder ke gawang Jepang, sudah cukup untuk mengantarkan Belanda melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2010. Belanda mengungguli Jepang 1-0, pada laga kedua penyisihan Grup E, di Durban Stadium, Sabtu (19/6/2010).

Kemenangan ini membuat Belanda kokoh di puncak klasemen Grup E dengan mengoleksi enam poin dari dua kemenangan. Sementara Jepang, baru mengoleksi tiga angka setelah menang satu kali. Sedangkan Kamerun dan Denmark belum mengoleksi angka.

Kedua tim sebenarnya bermain dengan serangan berimbang. Belanda kesulitan menembus ketatnya pertahanan Jepang, di awal babak pertama. Sebaliknya, Jepang sesekali melakukan serangan balik yang juga kerap mengancam gawang Oranye.

Peluang terbaik Jepang di babak pertama menit 38 hadir dari Daitsuke Matsui yang mengirim umpan kepada Yuichi Komano. Beruntung, kiper Maarten Stekelenburg masih bisa memblok bola.

Babak pertama ditutup dengan usaha Rafael van der Vaart yang coba melakukan tendangan spekulasi. Bukan sebuah masalah bagi kiper Eiji Kawashima. Skor kacamata menjadi akhir babak pertama.

Di babak kedua skuad asuhan Bert van Marwijk meningkatkan intensitas serangannya. Terlihat dua peluang dimiliki Robin van Persie dalam lima menit awal babak kedua. Sundulan Persie menyambut umpan Giovanni van Bronckhorst masih tepat dipelukan Kawashima. Kembali stiker Arsenal itu memberikan ancaman melalui tendnagan voli, hanya masih melebar.

Kebuntuan akhirnya pecah di menit 53. Sebuah tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilepaskan Sneijder, menjebol gawang Kawashima. Kiper Jepang itu sebenarnya sempat menepis bola, hanya saja laju si kulit bundar terlalu deras dan tetap masuk ke gawang.

Jepang merespons dengan peluang Okubo di menit 59. Penyelamatan gemilang dilakukan Stekelenburg untuk mematahkan peluang emas Jepang ini. Samurai Blue juga hampir menyamakan kedudukan di menit 90. Sayang, Okazaki tidak terlalu tenang melakukan penyelesaian.

Pelanggaran terhadap Nagamoto yang dilakukan Nigel De Jong di dalam kotak penalti, tidak dinilai wasit sebagai sebuah pelanggaran. Skor 1-0 untuk Belanda tidak berubah hingga laga usai.
Susunan Pemain :
Justify FullBelanda: 1-Maarten Stekelenburg; 2-Gregory van der Wiel, 3-John Heitinga, 4-Joris Mathijsen, 5-Giovanni van Bronckhorst; 7-Dirk Kuyt, 6-Mark van Bommel, 10-Wesley Sneijder, 8-Nigel de Jong, 23-Rafael van der Vaart; 9-Robin van Persie

Jepang: 21-Eiji Kawashima; 2-Yuki Abe, 22-Yuji Nakazawa, 4-Tulio, 3-Yuichi Komano; 5-Yuto Nagatomo, 16-Yoshito Okubo, 7-Yasuhito Endo, 17-Makoto Hasebe, 8-Daisuke Matsui; 18-Keisuke Honda

sumber : okezone.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar