--> Skip to main content

Acer Rilis AspireOne Baru Berbasis AMD


Acer baru saja memperkenalkan netbook terbarunya yang menggunakan chip besutan Advanced Micro Devices (AMD). Hal ini sengaja dilakukan untuk menutup kesenjangan dengan rival AMD, yaitu Intel.

Dua seri Acer Aspire One mereka yaitu, AO721 dan AO521 resmi disematkan dengan prosesor AMD Athlon II Neo K125. Dengan layar masing-masing sebesar 11.6 inci dan 10.1 inci, netbook ini sudah dipasangkan juga dengan kartu grafis ATI Radeon HD yang mampu mengintegrasikan konten multimedia dengan kualitas high-definition (HD).

Diakui oleh Acer, seperti yang dilansir PC World, Senin (21/6/2010), prosesor Intel Atom memang sangat cocok untuk netbook atau komputer jinjing portabel yang didesain untuk berselancar di web yang sifatnya mendasar.

Akan tetapi, AMD di netbook lebih mengedepankan performa dari kartu chip yang baru, yang mana mengkombinasikan antara perangkat keras grafis, yang mampu memproses multimedia sekelas HD. Kemampuan ini, yang belum dimiliki oleh Atom.

O521 memiliki berat hanya 1,24 kg dan dibanderol dengan harga mulai dari USD 349,99. Sedangkan, AO721 adalah netbook mempunyai ukuran yang hampir sama tapi sedikit lebih berat, dan dengan harga mulai dari USD429,99.

Seperti diketahui, chip Neo sebagian besar telah digunakan dalam laptop ultrathin berperforma lebih cepat dan lebih mahal. AMD memgklaim Neo jauh lebih cepat dan lebih efisien seperti chip laptop, termasuk chip K125 dengan core tunggal, yang beroperasi pada kecepatan clock 1.7GHz dan termasuk cache 1MB.

Intel Atom chip telah dikritik karena memiliki kinerja terbatas dan kemampuan grafis yang buruk. Walaupun baru-baru ini Intel mengumumkan prosesor baru untuk netbook dengan kemampuan DDR3. Atom tersebut rencananya akan dirilis dengan versi dual-core.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar